by

Rasa Bakery and Cafe Bandung – Restoran di Bandung yang masih HITS

-AdlexFood-369 views

Rasa Bakery and Cafe – Restoran di Bandung yang masih HITS Bandung memang kotanya kuliner. Setiap bulan pasti ada saja restoran atau tempat makan baru yang menjadi hits di Bandung. Tidak kalah dengan berbagai restoran atau cafe modern di Bandung, Rasa Bakery and Cafe tetap menjadi pilihan baik bagi warga Bandung ataupun wisatawan.

Rasa Bakery and Cafe Bandung Tetap Ramai

Rasa Bakery and Cafe Bandung

Baca Juga :

All You Can Eat di Sumeragi Izakaya Bandung

Terletak di Jl. Tamblong no. 15, Rasa Bakery and Cafe selalu ramai pengunjung. Terlebih pada siang hari saat kami berkunjung untuk santap siang. Ternyata, bukan hanya ramai dikunjungi turis pada musim liburan, tapi juga oleh warga Bandung. Restoran Rasa siang hari ini ramai dikunjungi oleh sekelompok ibu-ibu yang sedang reuni, beberapa keluarga, dan sejumlah karyawan kantor yang sedang makan siang.

Bila Anda belum pernah mengunjungi restoran Rasa di Bandung, ada baiknya Anda mencoba bernostalgia di restoran ini. Terletak di pusat kota, restoran Rasa sangat mudah dijangkau bila Anda tinggal di sekitar Jl. Merdeka, Bandung. Letaknya berada di sebelah kanan jalan, terlihat jelas dengan bangunan berarsitektur Belanda kuno dan papan nama “Rasa” yang berwarna merah.

Rasa Bakery and Cafe Bandung

Rasa Bakery and Cafe Bandung sejarah

Kambing Bakar Cairo di Bandung Enak dan Beda

Asal mula Rasa Bakery and Cafe di Bandung dimulai pada tahun 1910. Di Tamblong Weg, berdiri sebuah firma yang bernama Firma C.H. Hazes. Firma ini didirikan oleh C.H. Hazes seorang pengusaha roti terkenal dari kota Malang. Awalnya, Hazes mengkhususkan diri dalam pembuatan permen atau bon-bon untuk diekspor ke seluruh negara di Hindia Belanda.

Setelah sukses dalam usaha permen dan bon-bon, C.H. Hazes melirik usaha baru yaitu menu ontbijt atau roti. Roti yang dibuat berupa roti tawar, roti susu, roti manis, dan roti isi. Langkah pengembangan usaha berikutnya ialah pembuatan berbagai jenis cokelat (termasuk Muisjes dan Hagelslag) mengingat produk Hazes selama itu dipergunakan sebagai bahan pelengkap pabrik cokelat di Belanda. Karena kualitasnya, Hazes ditetapkan sebagai pemasok untuk Gubernul Jenderal Hindia Belanda.

Pada tahun 1960-an, nama Hazes diubah menjadi PT. Rasa, dan bangunannya juga mengalami perubahan bentuk. Bangunan toko itu kembali diubah menjadi bertingkat pada tahun 1990-an. Sekarang, nama PT. Rasa berubah menjadi Rasa Bakery & Cafe.

Kini, Rasa Bakery & Cafe berubah menjadi restoran sekaligus toko roti dan kue. Interiornya sudah diperbarui, tapi masih ada deretan sofa dan meja-meja yang terkesan retro, mirip dengan restorasi di kereta api. Interior dalam Restoran Rasa inilah yang memberi kesan hangat dan nostalgia.

Menu di Rasa Bakery and Cafe Bandung

Selain menyajikan kue-kue jajanan pasar dan roti bakery, Rasa juga terkenal dengan es krim nya. Jadi, disarankan jangan mengunjungi restoran Rasa terlalu sore yah, karena seluruh kue atau roti nya bisa saja sudah habis. Restoran Rasa Bakery and Cafe menyajikan menu masakan Barat, tapi kebanyakan masakan Indonesia.

Tempat Ngabuburit di Bandung bulan Ramadhan

Beberapa menu di Rasa Bakery and Cafe yang menurut kami layak Anda coba adalah: Lontong Cap Go Meh, Gulai Iga Sapi dan Laksa. Jangan lupa untuk mencoba es krim home made Rasa. Siang ini, saya mencoba Mochaccino Bliss, es krim rasa Mocca yang diberi topping whipped cream dengan siraman kopi hitam dan Baileys Irish Cream. Rasanya? Langsung melek dan bersemangat. Es krim lainnya yang sudah ada sejak zaman dulu adalah Coconut Royale, tiga macam es krim disajikan di dalam batok kelapa muda lengkap dengan cocktail buah-buahan.

Rasa dari Lontong Cap Go Meh nya sangat segar. Kuah santan-nya tidak membuat eneg, karena teksturnya ringan. Selain itu, lontongnya terasa seperti lontong homemade. Beda dengan yang lain! Ayam dalam lontong cap go Meh ini juga sangat lembut. Melihat tampilan nasi goreng yang dipesan meja sebelah juga sangat menggugah selera. Nasi gorengnya lengkap dengan suiran telur dadar dan taburan krupuk.

Kalau perut masih berkompromi, silahkan mencoba kue-kue buatan Rasa Bakery and Cafe. Nougat Roll contohnya, kue bolu gulung ini ditengahnya dikasih coklat yang lumayan tebal. Bolunya sendiri kaya akan rasa dan aroma Rhum lalu perpaduan krenyes kacang yang membalut bolu gulung, membuat kue ini terasa sempurna.

Harga di Rasa Bakery and Cafe

Untuk harga makanan di Rasa Bakery & Cafe dimulai dari Rp.35.000 sampai Rp. 60.000. Begitu juga dengan es krim, harganya dari Rp.25.000 untuk es krim porsi anak-anak, dan Rp.40.000 untuk es krim Mochaccino yang saya pesan. Harga nya tidak terlalu mahal, bukan?

Kapan berkunjung ke Rasa Bakery and Cafe Bandung ? Walau buka dari jam 8 pagi sampai jam 21.30, sebaiknya datang sebelum jam makan siang ya! Karena bila pengunjung membludak, waktu tunggu untuk makanan dihidangkan bisa lebih dari 15 menit. Selagi menunggu, pastikan mencoba kue-kue nya.

Comment

News Feed