Jerman Tersingkir dari Piala Dunia 2022, ini Gol Kontroversial Jepang

Jerman Tersingkir dari Piala Dunia 2022, ini Gol Kontroversial Jepang – Sebagian pihak menganggap gol kedua dari Timnas Jepang ke gawang Timas Spanyol yang di torehkan oleh Ao Tanaka pada menit ke 51 pada Piala Dunia 2022 di anggap tidak sah. Mengapa? Karena bola terlebih dahulu melaju keluar lapangan.

Jerman Tersingkir

Awalnya bermula dari umpan Ritsu Doan ke tiang dua Timnas Spanyol. Namun , bola mengalir terlalu deras menuju garis sisi gawang, Tetapi, Kaoru Mitoma tetap berjuang untuk mendapatkan bola tersebut.

Kaoru Mitoma melakukan sliding hingga melorot agar bola bisa di selamatkan dan tidak out dan berhasil. Bola berhasil di umpan kembali ke depan gawang dan Ao Tanaka dengan mudahnya menyambar bola dengan bagian lututnya dan gol kedua yang kontroversial ini terjadi.

Baca Juga : Kimukatsu Makanan Jepang Katsu Terenak di Indonesia

Sayangnya para pemain Timnas Spanyol terlalu terkonsentrasi ke bola yang di pikir akan out dan gawang kosong karena kiper Unai Simon memilih untuk jatuh-bangun ketika ada umpan Ritsu Doan dan ternyata umpan tersebut di sambar oleh Kaoru Mitoma.

Jika melihat dari tayangan ulang pertandingan tersebut, pada bagian bawah atau posisi dududkan bola telah keluar dari garis lapangan sebelum di manfaatkan oleh Kaoru Mitoma. Tapi, wasit mengacu pada VAR dengan aturan international Football Association Board (IFAB).

The Athletic mengulas bahwa hakim garis Souru Phatsoane sempat memberikan isyarat bahwa bola telah out. Tapi keputusan wasit Victor Gomes untuk memilih melihat Var terlebih dahulu.

Pada “Law 9 Ball In and Out Of Play” IFAB yang tuliskan di situs theifab.com, bola secara sah dianggap telah keluar jika keseluruhan bola telah melewati garis lapangan baik di tanah atau di udara.

Melihat pada kejadian Kaoru Mitoma, meskipun bagian bawah atau dudukan bola sudah terlihat seolah-olah keluar dari garis, padahal sebenarnya belum out jika dilihat dari tayangan ulang angel atas atau bird eyes.

Pada akhirnya wasit Victor Gomes tidak harus memeriksa monitor VAR yang ada di pinggir lapangan melainkan hanya mendengar dari official VAR dari alan intercom yang terhubung keruangan VAR.

Untuk Sistem Teknologi garis gawang tidak dapat di cek oleh sistem tersebut, karena sistem garis gawang hanya berlaku untuk bola di garis gawang bukan di garis yang lainnya.

Gol Ao Tanaka yang kedia sekaligus menjadi gol kemenangan Jepang atas Spanyol 2-1 dalam matchday terakhir pada Grup E Piala Dunia 2022 di Khalifa International Stadium, Al Rayyan pada jumat 2-12-2022 dini hari WIB, dan memastikan Jerman Tersingkir dari Piala Dunia 2022.

Comment